Pantai Nguyahan Gunungkidul: Sejarah, Rute, HTM, Daya Tarik Wisata

Bagikan Berita

Pantai Nguyahan Gunungkidul: Sejarah, Rute, HTM, Daya Tarik Wisata ~ KotaJogja.co.id (Wisata Pantai Gunungkidul). Pantai Nguyahan merupakan salah satu pantai pasir putih yang indah yang terletak di sebelah barat pantai Ngobaran Gunungkidul. Pantai yang   beralamatkan di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki pemandangan yang indah berupa hamparan laut serta perbukitan disekitar pantai. 

Lokasi Pantai Nguyahan satu komplek dengan Pantai Ngobaran, hanya saja untuk menuju Pantai Nguyahan ini kita harus melewati jalan yang menanjak dan menurun yang tidak terlalu ekstrim. Meski jalan naik dan menurut kita tetap diperbolehkan menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4.

Baca juga: Suraloka Interactive Zoo: Harga Tiket Masuk, Wahana, dan Tips Wisata di Kaliurang

Info Wisata Pantai Nguyahan Gunungkidul

Alamat Pantai Nguyahan di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Tiket Masuk Wisata Pantai Nguyahan Rp 5.000,-

Jam Buka Wisata pantai Nguyahan adalah 24 Jam (Buka Setiap Hari)

Sejarah Pantai Nguyahan Gunungkidul Jogja

Daya Tarik pantai Nguyahan Gunungkidul
Asal Usul pantai Nguyahan Gunungkidul

Banyak yang bertanya bagaimana sih sejarah asal usul penamaan pantai nguyahan? Tak jarang orang jawa banyak yang bertanya-tanya apakah nguyahan itu berasal dari kata uyah atau dalam Bahasa Indonesia Garam? Nah dari pada menebak-nebak mari kita lihat sejarah dan asal-usul pantai nguyahan dibawah ini. 

Suasana pantai selalu menyimpan kisah menarik di balik deburan ombaknya. Begitu juga dengan Pantai Nguyahan, yang merangkum sejarah panjang dalam pembuatan garam menurut cerita masyarakat setempat pada zaman penjajahan Belanda.

Baca juga: Pantai Ngobaran: Tiket Masuk, Sejarah, Mitos Rute dan Daya Tarik Wisata

Dulu, saat Belanda menjajah, Pantai Nguyahan menjadi saksi bisu dalam proses pembuatan garam atau yang dalam bahasa Jawa dikenal sebagai “uyah.” Nama pantai ini pun tak lepas dari aktivitas tersebut, mencerminkan warisan sejarah yang tak terlupakan.

Fasilitas Pantai Nguyahan Gunungkidul
Pantai Nguyahan Gunungkidul (Saddam)

Menurut kisah turun temurun di kalangan masyarakat setempat, sosok yang menjadi pionir dalam pembuatan garam di Pantai Nguyahan adalah Mbah Sarem. Sebagai seorang tokoh ketua di masa lalu, Mbah Sarem memainkan peran krusial dalam mengajarkan teknik pembuatan garam kepada masyarakat sekitar.

Keberadaan Mbah Sarem menjadi legenda hidup, mengajarkan ilmu yang kini diwariskan dari generasi ke generasi. Melalui keahliannya, beliau membimbing masyarakat sekitar dalam proses menciptakan garam berkualitas tinggi yang menjadi mata pencaharian utama.

Dalam ceritanya, Mbah Sarem pernah berkata bahwa pantai ini memiliki kekuatan memberikan penghidupan. Ia menekankan bahwa hasil dari usaha pembuatan garam di Pantai Nguyahan akan menjadi sumber rezeki dan kesejahteraan bagi mereka yang gigih bekerja. Sejak saat itu, pantai ini diabadikan dengan nama “Nguyahan,” sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai dan kebijaksanaan Mbah Sarem.

Baca juga: Jogja Bay Waterpark: Info Harga Tiket, Wahana, Rute, Fasilitas Waterboom Jogja 

Pantai Nguyahan, yang dulunya hanyalah tempat produksi garam, kini telah berkembang menjadi destinasi wisata yang memikat. Pengunjung dapat menyaksikan jejak sejarah yang hidup dalam setiap pasir pantai dan ombak yang melambai. Keberadaan warung-warung tradisional di sekitar pantai juga menjadi saksi bisu perjalanan waktu, menciptakan atmosfer yang kental dengan aroma tradisi.

Dengan begitu, Pantai Nguyahan tak hanya menjadi tempat indah untuk menikmati keindahan alam, tetapi juga sebuah kisah inspiratif tentang bagaimana suatu tempat dapat berkembang dari aktivitas sehari-hari menjadi warisan berharga bagi masyarakat setempat. Sederhana namun sarat makna, pantai ini menjadi bukti bahwa sejarah yang terpatri dalam suatu tempat dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mencari pengalaman unik.

Baca juga: Tugu Jogja: Info Lokasi Wisata, Sejarah, Filosofis Hinga Renovasi 

Harga Tiket Masuk Pantai Nguyahan

Pesona Pantai Nguyahan Gunungkidul
Pesona Pantai Nguyahan Gunungkidul

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang wisata pantai Ngobaran, harga tiket masuk pantai ini yakni Rp 5.000 per orang, harga tersebut sudah termasuk tiket masuk serta asuransi. Tak hanya satu pantai harga tersebut sudah termasuk 3 pantai antara lain pantai ngobaran, pantai Nguyahan, dan pantai ngerenehan. 

Sementara buat kamu yang menggunakan kendaraan pribadi kamu juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor, Rp 10.000,- untuk mobil pribadi, Rp 15.000 untuk minibus dan Rp 20.000 untuk bus namun tak perlu khawatir harga tersebut sudah termasuk parker di dua pantai yakni pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. 

Sementara untuk jam buka kamu bisa datang ke pantai nguyahan kapan saja karena pantai ini buka 24 jam non stop. Di pantai Nguyahan kamu juga bisa menginap dengan menggunakan tenda sementara, berdasarkan informasi yang KotaJogja.co.id himpun untuk menginap atau Bahasa kerennya ngecamp di Pantai nguyahan ini kamu cukup membayar uang kebersihan saja. 

Baca juga: Tebing Breksi Jogja: Info Tiket Masuk, Fasilitas, Daya Tarik, Hingga Sejarahnya

Alamat dan Rute menuju Pantai Nguyahan Gunungkidul 

Pantai Nguyahan Foto
Pantai Nguyahan (Foto pantai nguyahan)

Yuk, mari kita jelajahi pesona Pantai Nguyahan di Yogyakarta dengan panduan rute yang lengkap! Bagi kamu yang penasaran di mana letak keindahan pantai ini, jangan khawatir, karena kita akan memberikan petunjuk rute yang mudah dipahami.

Pantai Nguyahan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika kamu bingung dengan lokasinya, tak perlu cemas! Kota Jogja siap membantu dengan memberikan rute lengkap untuk memandu perjalananmu.

Jika kamu berencana menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Yogyakarta, estimasi waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 40 menit. Ada beberapa rute yang bisa kamu pilih, baik melalui rute Imogiri via Panggang atau melalui jalan Wonosari.

Baca juga: Wisata Candi Prambanan: Sejarah, Lokasi, Harga Tiket Masuk

Rute Pertama: Jl Imogiri – Panggang

1. Dari pusat kota, arahkan kendaraan ke timur melewati Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9.

2. Setelah sampai di perempatan, belok ke selatan melalui Jalan Brigjen Katamso.

3. Lanjutkan perjalanan lurus hingga bertemu perempatan, lalu belok ke timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono.

4. Setelah pertigaan, arahkan ke selatan melalui Jalan Sisingamangaraja, lalu lurus menuju Jalan Imogiri Barat hingga bertemu pertigaan ke arah timur, melewati Jalan Bakulan Imogiri.

5. Sesampainya di pertigaan, lanjutkan ke arah barat melalui Jalan Imogiri Siluk, ikuti jalan melalui Jalan Siluk Panggang, hingga di pertigaan ke arah timur ke Jalan Raya Panggang Wonosari.

6. Terus ikuti jalan hingga sampai di pertigaan ke arah selatan, ikuti jalan tersebut hingga kamu tiba di Pantai Nguyahan.

Baca juga: Info Tarif dan Rute Jalur Trans Jogja Terbaru

Tau jika mau mau melewati jalan wonosari kamu bisa mengambil arah menuju piyungan kemudian mengikuti arah menuju patuk dan terus sampai ke pertigaan Gading kemudian kamu belok kanan menuju Playen, kemudian arah ke Paliyan, Pasar Trowono- Pantai Nguyahan

Fasilitas Pantai Nguyahan Gunungkidul

Untuk fasilitas di pantai Nguyahan ini sama seperti di Pantai Ngobaran, hal tersebut dikarenakan antara pantai Nguyahan dan pantai ngobaran ini berada dalam satu lokasi hanya berdampingan. Lalu apa saja fasilitas yang berada di Pantai nguyahan, berikut ini adalah fasilitasnya:

Toilet

Parkir Luas

Mushola

Tempat Makan

Gazebo

Penyewaan Tikte dan Patung Pantai

Baca juga: Pantai Wediombo Jogja: Daya Tarik, Foto, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Tak hanya menawarkan keindahan alamnya, Pantai Nguyahan juga memanjakan pengunjung dengan berbagai fasilitas yang membuat perjalanan semakin menyenangkan. Salah satu fasilitas yang dapat dinikmati adalah layanan Jeep dan shuttle yang tersedia untuk membantu pengunjung mencapai tujuan mereka dengan lebih nyaman.

Ketika tiba di pantai, pengunjung dapat memanfaatkan Jeep dan shuttle ini sebagai kendaraan alternatif dari area parkir menuju ke Pantai Ngobaran atau Pantai Nguyahan. Dengan biaya mulai dari Rp 10.000, pengunjung dapat menikmati perjalanan tanpa harus khawatir tentang kelelahan akibat berjalan kaki. Terlebih lagi, rute dari Pantai Ngobaran ke Pantai Nguyahan memiliki sedikit tanjakan, yang mungkin membuat beberapa pengunjung merasa lelah dan pegal, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan medan tersebut.

Harga Tiket Masuk di Pantai Nguyahan Gunungkidul
Pantai Nguyahan Gunungkidul (Bangkit)

Namun, bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi berukuran kecil, tidak perlu khawatir. Mereka tetap dapat menggunakan kendaraan bermotor mereka untuk mencapai destinasi wisata ini tanpa masalah. Dengan demikian, Pantai Nguyahan menyediakan solusi transportasi yang beragam, mengakomodasi kebutuhan setiap pengunjung agar mereka dapat menikmati keindahan pantai ini tanpa kendala.

Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi keindahan Pantai Nguyahan dengan kenyamanan yang ditawarkan oleh fasilitas transportasi yang tersedia. Dengan begitu, liburanmu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan menyenangkan.

Baca juga: Warung Kopi Klotok Kaliurang Jogja: Harga Menu, Rute dan Daya Tarik

Daya Tarik Pantai Nguyahan Gunungkidul

sejarah pantai nguyahan
sejarah pantai nguyahan (Sutikno)

Mengunjungi pantai bukan hanya sekadar liburan, tetapi juga petualangan untuk menemukan keindahan tersembunyi. Salah satu destinasi yang layak dieksplorasi adalah Pantai Nguyahan, sebuah surga tersembunyi dengan daya tariknya sendiri. Berikut ini daya Tarik pantai nguayah gunungkidul:

Pesona Pantai Kecil yang Menawan

Meskipun tidak sebesar destinasi populer lainnya, Pantai Nguyahan memiliki keunikan tersendiri. Dengan lantai karang yang melingkupi bibir pantainya, pantai ini memamerkan keindahan terumbu karang, biota laut yang beragam, dan ikan kecil yang bermain di perairannya. Keadaan pantai yang masih alami dan bersih memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk menikmati keelokannya. Lokasinya yang luas dan airnya yang dangkal memungkinkan kegiatan bermain air atau mandi di pantai, menjadikannya tempat ideal untuk liburan keluarga.

Baca juga: Pantai Slili: Harga Tiket Masuk, Rute dan Daya Tarik Wisata

Batu Karang Menawan dan Pasir Putih Bersih

Tidak jauh berbeda dengan Pantai Ngrenehan, Pantai Nguyahan juga menawarkan keindahan batu karang dengan berbagai bentuk yang menarik. Pasir putih bersih dan air yang jernih membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai. Pengelola pantai telah menyediakan tikar-tikar dengan payung besar, menciptakan area yang nyaman untuk menikmati pemandangan alam yang memukau.

Keindahan Bukit Hijau yang Menyelubungi

Salah satu daya tarik utama Pantai Nguyahan adalah keberadaan dua bukit besar yang mengelilingi pantai. Bukit ini menambah keasrian pantai dengan pepohonan hijau yang tumbuh subur. Pengunjung dapat mendaki bukit melalui jalan setapak yang telah disediakan, memberikan pengalaman unik dengan pemandangan pantai dari ketinggian. Banyak wisatawan memilih bukit ini sebagai lokasi camping, menambahkan nuansa petualangan yang tak terlupakan.

Baca juga: Jadwal Sholat Jogja

Senja yang Mengesankan

Pantai Nguyahan juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang mengesankan. Langit-langit Kota Gunung Kidul berubah dari biru menjadi oranye, menciptakan atmosfer yang memukau. Untuk pengalaman yang lebih mendalam, disarankan untuk membawa kamera yang mumpuni dan menikmati senja dari lantai karang.

Memancing dan Camping: Pengalaman Wisata Lengkap

Selain keindahan alamnya, Pantai Nguyahan menawarkan pengalaman wisata yang lengkap dengan kegiatan memancing dan camping. Pengunjung dapat berjalan ke selatan menuju lantai karang untuk menikmati memancing. Suasana ramah dari warga sekitar yang juga menikmati kegiatan ini menambah keasikan liburan Anda. Meskipun tidak terdapat penginapan langsung di pantai ini, pengunjung dapat memanfaatkan area camping yang telah disediakan.

Baca juga: Berita Jogja Terbaru

Saat malam tiba, jangan lewatkan kesempatan untuk keluar dari tenda dan menyaksikan keindahan langit berbintang. Pemandangan bintang yang menggemaskan akan menjadi kenangan tak terlupakan dari Pantai Nguyahan. Beberapa pengunjung bahkan memanfaatkan hasil memancing untuk membuat bakaran ikan, menambah kenikmatan liburan malam mereka.

Pantai Nguyahan, dengan segala daya tariknya yang unik dan pengalaman wisata lengkap, layak menjadi destinasi liburan Anda berikutnya. Temukan keindahan tersembunyi ini dan buatlah kenangan tak terlupakan di surga kecil yang bernama Pantai Nguyahan.

Baca juga: Info Wisata Jogja Hits

Tips Seru Liburan di Pantai Nguyahan

Rute Menuju Pantai Nguyahan gunungkidul
Pantai Nguyahan gunungkidul (Saddam)

Menghabiskan waktu liburan di Pantai Nguyahan bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan jika Anda mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Pilih Waktu yang Tepat

Agar liburan Anda semakin berkesan, pilihlah waktu kunjungan saat libur panjang. Suasana pantai Nguyahan akan lebih ramai dan memberikan sensasi liburan yang lebih menyenangkan.

2. Bawa Orang Tercinta

Nikmati keindahan Pantai Nguyahan dengan bersama orang-orang tercinta. Suasana liburan akan menjadi lebih hangat dan berkesan jika Anda berbagi momen indah dengan keluarga atau teman-teman terdekat.

Baca juga: Jadwal Imsakiyah Jogja

3. Manfaatkan Jasa Agen Wisata

Untuk liburan yang lebih praktis dan tanpa ribet, pertimbangkan menggunakan jasa agen wisata. Mereka dapat membantu mengatur segala kebutuhan liburan Anda di Pantai Nguyahan, mulai dari transportasi hingga akomodasi.

4. Siapkan Kamera dan OOTD Terbaik

Jangan lupa membawa kamera untuk menangkap momen-momen berharga di Pantai Nguyahan. Gunakan pakaian dengan OOTD terbaik agar foto liburan Anda semakin menarik dan Instagramable.

5. Jaga Kondisi Fisik

Pastikan badan Anda dalam kondisi prima saat berlibur di Pantai Nguyahan. Hal ini akan membuat Anda lebih bisa menikmati kegiatan di pantai, seperti berenang atau berjalan-jalan, tanpa merasa lelah.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, liburan Anda di Pantai Nguyahan dijamin akan menjadi pengalaman yang seru dan tak terlupakan. Selamat berlibur!

Terimakasih telah membaca Pantai Nguyahan Gunungkidul: Sejarah, Rute, HTM, Daya Tarik Wisata semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di KotaJogja.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Berita Terbaru

Pantai Nguyahan Foto

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *