Tebing Breksi Jogja: Info Tiket Masuk, Fasilitas, Daya Tarik, Hingga Sejarahnya

Bagikan Berita

Tebing Breksi Jogja: Info Tiket Masuk, Fasilitas, Daya Tarik, Hingga Sejarahnya ~ KotaJogja.co.id (Sleman). Hallo Sobat Kota Jogja, Bagaimana sudah merencanakan mau liburan kemana? Hayo binggung kan, apalagi kita tau bahwa Jogja memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah dan menarik untuk di kunjungi. Nah buat kamu yang masih galau mau berkunjung kemana jangan khawatir karena ada salah satu tempat wisata yang akan mimin rekomendasikan untuk kamu, penasaran? Tempatnya adalah Tebing Breksi. 

Sebelum membahas lebih jauh, pada kesempatan ini Sobat Kotajogja.co.id akan membagikan berbagai macam informasi tentang wisata tebing breksi secara lengkap di bawah ini. 

Info Wisata Tebing Breksi Jogja

Alamat: Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta

Mulai Dari Rp 10.000,-

Jam Buka: 06.00-21.00 (WIB) Buka Setiap Hari

Mengenal Lebih Dekat Wisata Tebing Breksi

tebing breksi yogyakarta
Ukuran wayang di tebing breksi yogyakarta

Buat Sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata satu ini, namun buat Sebagian orang masih asing dengan Tebing Breksi. Buat yang belum tau tempat wisata ini merupakan alternatif tempat asik melepas penas dan refresing Bersama keluarga atau orang terdekat. Wisata Tebing Breksi ini menawarkan pesona keindahan batu kapur yang memiliki ukiran indah di hampir setiap dindingnya. 

Baca juga: Suraloka Interactive Zoo

Destinasi Wisata Tebing Breksi ini cocok buat kamu warga asli jogja maupun kamu pendatang yang berniat untuk liburan di Jogja. Menariknya tempat wisata ini berada di Jogja bagian timur serta memiliki akses transportasi yang mudah dan cukup dekat dari pusat Kota Jogja. 

Selain ukiran dinding tebing yang indah yang bisa dijadikan background  foto lokasi wisata tebing breksi ini juga bisa memanjakan mata. Jika kamu beruntung kamu bisa menikmati matahari tengelam dari atas tebing ini. Selain bisa menikmati sunset dari puncak tebing breksi kamu juga bisa menikmati pemandangan Kota Jogja, Kemegahan Candi Prambanan, serta ladasan bandara adi sucipto Yogyakarta. 

Sejarah Singkat Tebing Breksi Jogja

tebing breksi malam hari
tebing breksi

Perlu di ketahui bahwa sebelum menjadi tempat wisata dengan pemandangan yang indah, dulunya Tebing Breksi ini merupakan tempat penambagan batu alam yang dilakukan oleh warga sekitar. Namun sejak tahun 2014, secara resmi pemerintah menutup kegiatan penambangan di Tebing Breksi. 

Baca juga: Pantai Slili: Harga Tiket Masuk, Rute dan Daya Tarik Wisata

Penutupan tersebut dilakukan berdasarkan hasil kajian yang menyatakan bahwa batuan yang berada di lokasi penambanagan tebing Breksi ini berasal dari aktivitas Gunung Api Purba Ngelangeran. Dari hasil kajian tersebut kemudian Pemerintah penetapkan lokasi tebing breksi tersebut menjadi tempat dilindungi dan tidak di perbolehkan Kembali untuk kegiatan penambagan. 

Kekreatifan masyarakat setempat dalam mengukir karya di dinding tebing menjadikan bekas tambang ini menjadi destinasi yang indah, Kemudian secara resmi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan tebing breksi ini menjadi tempat wisata baru di Yogyakarta pada 30 Mei 2015. 

sejarah tebing breksi
wisata tebing breksi

Tak hanya berhenti disitu saja, pengembangan dalam pengelolaan tempat wisata Tebing Breksi ini menjadikan destinasi wisata ini menjadi salah satu andalan Desa Wisata Dewi Sambi yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Bahkan Mas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa lokasi wisata ini masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik. 

Wisata Tebing Breksi ini juga dapat mengangkat ekonomi di wilayah tersebut, dari sebelumnya desa termiskin di Kabupaten Sleman, dengan adanya destinasi wisata ini mampu menjadikan desa wisata yang memiliki penghasilan Rp1 miliar per tahun.

Baca juga: Warung Kopi Klotok Kaliurang Jogja: Harga Menu, Rute dan Daya Tarik

Lokasi Wisata Tebing Breksi Jogja

wisata tebing breksi
wisata tebing breksi

Seperti yang sudah di sampaikan sebelumnya lokasi wisata  Tebing Breksi berada di Jogja bagian timur atau alamat lengkapnya berada di Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DIY. Bagi yang masih asing dengan alamat tersebut, lokasi ini berada tidak jauh dari wisata yang cukup terkenal yakni Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. 

Untuk jaraknya sendiri, wisata Tebing Breksi memiliki jarak kurang lebih 17 Kilometer dari pusat Kota Jogja, atau jika ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih 30 menit. 

Baca juga: Pantai Wediombo Jogja: Daya Tarik, Foto, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Jika dari pusat Kota Jogja, untuk menuju ke lokasi wisata tebing Breksi kamu bisa ambil perjalanan kea rah timur menuju jalan wonosari atau jalan Jogja Solo. Setelah kami sampai ke pertigaan candi prambanan (via jln Jogja – Solo) kemudian ambil ke arah kanan arah ratu candi ratu boko kemudian melihat plang tulisan Tebing Breksi, Candi Ijo kemudian ambil arah kiri dan masuk kurang lebih 1 Km kamu akan sampai Tebing Breksi. 

tebing breksi jogja
tebing breksi jogja

Sementara jika kamu dari jalan wonosari Ketika sudah sampai di lampu merah pertigaan piyungan ambil arah kiri kemudian sebelum candi ratu boko ada plang tulisan tebing breksi, candi ijo kamu ambil arah kanan ikuti petunjuk jalan maka akan sampai di lokasi tebing breksi. 

Namun perlu di ingat bahwa lokasi wisata tebing breksi ini berada di atas bukit tentu kamu harus berhati-hati karena jalan menutu wisata tersebut cukup menanjak sehingga butuh kendaraan yang bisa diandalkan. Pastikan kondisi rem kendaraan juga dalam keadaan baik. 

Baca juga: Info Tarif dan Rute Jalur Trans Jogja Terbaru

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Wisata Tebing Breksi 

Jam Buka Wisata Tebing Breksi 

06:30-17.00 WIB

lalu Wisata Tebing Breksi buka jam berapa? Nah buat yang mau ke lokasi wisata tersebut kamu bisa datang jam 06.00 – 21.00 untuk harinya tebing breksi buka setiap hari. 

Lalu berapa harga tiket masuk di Tebing Breksi? Nah untuk harganya cukup terjangkau yakni hanya membayar sebesar Rp 10.000 per pengunjung. Dengan harga tiket yang cukup terjangkau tersebut kamu sudah bisa menikmati keindahan pahatan tebing dan pemandangan alam yang indah. 

Baca juga: Info Lowongan Kerja Jogja

tebing breksi jogja sunset
tebing breksi jogja sunset

Sementara buat kamu yang ingin merasakan tour menggunakan jip wisata di Tebing Breksi ini juga terdapat penyewaan, mulai dari harga Rp 360.000 ini bisa keliling di berbagai tempat wisata sekitar  tebing breksi. Nah untuk lebih jelas berikut ini adalah rute dan harga sewa jip wisata di Tebing Breksi :

  • Short Trip: Rp 360.000 dengan jarak rute perjalanan kurang lebih 5 kilometer. Rute singkat terdiri dari Tebing Breksi, Arca Gupolo, Candi Ijo, hingga Watu Payung/Selo Langit.
  • Medium Trip: Rp 450.000 dengan jarak rute perjalanan kurang lebih 6 kilometer. Rute medium trip terdiri dari Tebing Breksi, Arca Gupolo, Candi Ijo, Watu Payung/Selo Langit, hingga Obelix Hills.
  • Long Trip: Rp 600.000 dengan jarak rute perjalanan kurang lebih 8 kilometer. Rute long trip terdiri dari Tebing Breksi, Candi Ijo, Watu Payung/Selo Langit, Obelix Hills, hingga Bukit Teletubbies.

Baca juga: Wisata Candi Prambanan: Sejarah, Lokasi, Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Tiket Masuk (Lokal)

Rp 25.000,-

Tiket Masuk (Mancanegara)

Rp 20.000,-

Harga Parkir Tebing Breksi

Parkir Motor

Rp 2.000,-

Parkir Mobil

Rp 5.000,-

Parkir Minibus / Elf

Rp 15.000,-

Parkir Medium Bus / Bus Besar

Rp 25.000,-

Baca juga: Jadwal Sholat Jogja

Fasilitas Wisata Tebing Breksi Jogja

Toilet

Parkir Luas

Mushola

Tempat Makan

Oleh-oleh

Foto

Daya Tarik Wisata Tebing Breksi Jogja

tiket masuk tebing breksi
tebing breksi yogyakarta

Tebing Breksi, salah satu destinasi wisata terkenal di Yogyakarta, menawarkan pesona alam yang spektakuler, seni relif yang memukau, dan petualangan seru bagi para pengunjung. Berlokasi di Yogyakarta, tebing ini telah menjadi favorit wisatawan karena keunikan dan keindahannya yang tidak dapat diabaikan.

1. Seni Relif yang Memukau

Salah satu daya tarik utama Tebing Breksi adalah seni relif yang menghiasi dinding-dindingnya. Seniman lokal telah memberikan sentuhan artistik dengan ukiran-ukiran berbentuk relief dan patung yang menggambarkan cerita pewayangan, seperti pahatan Arjuna membunuh Buto Cakil, naga dengan mahkotanya, dan patung Semar. Ornamen patahan dari sisa-sisa aktivitas penambangan menciptakan tampilan tebing yang seperti kue lapis, menjadikan tempat ini sebagai galeri seni alam terbuka.

Baca juga: Berita Jogja Terbaru

2. Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Tidak hanya seni relif, Tebing Breksi juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dinding tebing dengan ornamen patahan memberikan daya tarik tersendiri. Dengan berfoto di latar belakang tebing, pengunjung dapat merasakan keindahan alam sekaligus menyaksikan kota Yogyakarta dari ketinggian. Aktivitas masyarakat seperti pesawat yang lepas landas dan kendaraan yang hilir mudik dapat terlihat jelas, menambah pesona tersendiri.

Sejarah dan Keindahan Tebing Breksi
Keindahan Tebing Breksi

3. Aktivitas Wisata yang Menyenangkan

Kunjungan ke Tebing Breksi bukan hanya sebatas menikmati pemandangan. Pengunjung dapat menikmati keindahan Jogja dari atas tebing, melihat Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan, Gunung Merapi, dan Kota Yogyakarta. Terutama saat matahari terbenam, pengalaman ini menjadi lebih memukau. Tlatar Seneng, panggung kesenian dengan diameter 15 meter, juga menjadi tempat untuk menikmati berbagai pertunjukan seni di tengah alam yang indah.

4. Petualangan Mengelilingi Tebing dengan Jeep

Bagi yang mencari petualangan ekstra, tersedia jasa penyewaan Jeep Wisata di Tebing Breksi. Dengan harga mulai dari Rp315.000,- per jeep, pengunjung dapat memilih paket wisata sesuai keinginan. Rute perjalanan mencakup tempat-tempat menarik seperti Tebing Breksi, Candi Ijo, Watu Payung/Selo Langit, Obelix Hills, dan Bukit Teletubbies.

Baca juga: Info Wisata Jogja Hits

5. Kiat dan Saran Selama Berkunjung

Untuk pengunjung yang berkunjung pada siang hari, disarankan membawa kacamata hitam, payung, dan air minum untuk menghindari panas dan dehidrasi. Menaiki anak tangga menuju puncak tebing membutuhkan sedikit persiapan, tetapi pengalaman melihat Jogja dari ketinggian akan menjadi kenangan tak terlupakan.

Tebing Breksi, dengan segala daya tariknya, menawarkan pengalaman wisata yang unik dan berkesan bagi setiap pengunjung. Dengan seni relif yang memukau, pemandangan alam yang menakjubkan, dan petualangan seru dengan Jeep, Tebing Breksi tetap menjadi destinasi yang layak untuk dikunjungi di Yogyakarta.

Terimakasih telah membaca Tebing Breksi Jogja: Info Tiket Masuk, Fasilitas, Daya Tarik, Hingga Sejarahnya semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di KotaJogja.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Info Wisata Jogja Lainnya:

Bagikan Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *