
5 Langkah Efektif Agar Iklan Bisnis Semakin Menarik dan Banyak Dilirik ~ KotaJogja.co.id. Keberadaan masih sering dianggap sebagai “gangguan” sehingga sering diabaikan saat muncul di beranda media sosial. Padahal salah satu tujuan pembuatannya adalah untuk mengajak audiens tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Lebih dari itu, iklan harus mampu menarik minat banyak calon pelanggan agar pesan yang ingin disampaikan dapat berhasil.
Bagi seorang advertiser dan pelaku bisnis, tugas utamanya adalah menciptakan iklan yang mampu menarik perhatian para audiens. Butuh analisa terkait calon audiens yang nantinya akan menjadi calon pelanggan Anda. Misalnya Anda perlu meningkatkan konversi pada sebuah website dengan domain .id. Akan menjadi tidak efektif apabila Anda mengiklankannya menggunakan Bahasa Indonesia kepada audiens non-Indonesia.
5 Langkah Efektif Agar Iklan Bisnis Semakin Menarik dan Banyak Dilirik
Jika iklan tidak berhasil mendapatkan perhatian, maka iklan tersebut dianggap kurang efektif dan perlu direvisi. Entah dari target audiens-nya, kontennya, atau aspek lainnya. Lalu, bagaimana cara membuat iklan agar mudah menarik perhatian audiens?
1. Memilih Tempat Beriklan yang Tepat
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan tempat atau media beriklan yang tepat, baik itu media online maupun offline. Dalam menggunakan media offline, pilihan bisa jatuh pada koran, brosur, tabloid, billboard, dan media lainnya.
Sementara itu, dalam menggunakan media online, strategi dapat dilakukan melalui iklan di platform seperti Facebook dengan website, atau memanfaatkan media sosial lainnya dengan menciptakan website landing page yang menggunakan domain .id dan hosting murah agar kesan profesional terpancar dari iklan tersebut.
2. Membuat Slogan dan Penawaran
Langkah berikutnya adalah menciptakan slogan atau judul iklan yang menarik. Kebanyakan audiens cenderung kurang tertarik membaca iklan yang terlalu panjang, sehingga perlu digunakan bahasa yang lugas dan menarik. Dengan memilih kata-kata yang tepat dan unik, iklan akan menjadi lebih menarik dan menimbulkan rasa ingin tahu bagi audiens untuk membaca lebih lanjut.
Selain itu, memberikan penawaran yang menarik mengenai produk atau jasa yang diiklankan merupakan langkah penting dalam menarik perhatian audiens. Ragam penawaran menarik seperti potongan harga, program beli 1 gratis 1, promo cashback, gratis ongkir, dan lain sebagainya, bisa dicantumkan dalam halaman iklan.
3. Menargetkan Iklan ke Orang yang Sudah Mengenal Brand
Cara lain yang efektif adalah menargetkan iklan kepada orang-orang yang sudah mengenal brand atau produk yang diiklankan. Berdasarkan laporan Marketing Metrics, penjualan ke orang yang sudah menjadi pelanggan lama memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi (sekitar 50%-70%) dibandingkan penjualan ke orang baru (sekitar 5%-20%). Oleh karena itu, memasarkan produk kepada orang yang telah mengenal brand lebih mudah dan lebih potensial.
4. Memperhatikan Detail Desain Iklan Rule of Seven
Detail desain iklan juga harus diperhatikan dengan seksama. Iklan yang berbentuk video atau gambar harus memperhatikan visualisasi yang menarik. Saat ini, banyak orang lebih tertarik dengan iklan visual seperti gambar atau video daripada iklan yang berbasis teks saja.
Detail tersebut mencakup ukuran, gaya penulisan, warna tulisan, tata letak, dan lainnya. Konsistensi dalam penggunaan font, warna, logo, dan elemen desain lainnya juga penting agar mudah diingat oleh audiens.
Selain itu, penerapan Rule of Seven juga menjadi strategi penting dalam menarik audiens. Aturan ini menyatakan bahwa pesan iklan perlu dilihat oleh audiens setidaknya tujuh kali sebelum mereka benar-benar tertarik dan mempertimbangkan penawaran yang ada.
5. Kolaborasi dengan Artis atau Influencer Terkenal
Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah berkolaborasi dengan artis atau influencer terkenal. Saat ini, banyak tokoh terkenal yang menyediakan kerjasama berupa endorse untuk produk atau jasa yang dipasarkan.
Namun, pilihlah tokoh yang sesuai dengan target iklan dan memiliki basis penggemar yang relevan, apakah itu kalangan remaja, dewasa, atau kalangan tua. Pemilihan influencer yang tepat akan meningkatkan efektivitas iklan dalam menjangkau target audiens yang lebih luas.
Kesimpulan
Inilah beberapa tips untuk menciptakan iklan yang menarik, yang bisa Anda terapkan untuk menarik perhatian audiens. Anda dapat menggabungkan berbagai strategi tersebut untuk menarik minat dan perhatian audiens yang lebih besar.
Apabila Anda sudah menemukan formulasi iklan yang cocok, Anda bisa berfokus pada pengembangan konten bisnis melalui website dengan memanfaatkan layanan hosting terpercaya seperti DomaiNesia. Dengan platform hosting yang berkualitas, urusan branding dan keamanan akses website juga tidak perlu diragukan lagi.